About Me

Foto saya
They call me Feby. The only think i wanna do is make my parent happy and haven’t work as hard as now. this big dream, i will keep and try as hard as i can to make it come true. No friendship , no relative , no relationship could break my dream.I will do everything to fulfill my dream. i will let go everything that bother my dream, whatever it is !:) follow my twitter ---> @febytwins

FOLLOW!

menyambut KOMUNITAS ASEAN 2015


  • Apa yang kamu ketahui, harapan dan tantangan tentang Komunitas ASEAN 2015?
  • Peran apa yang harusnya dilakukan Komunitas ASEAN Blogger (ASEAN Blogger Community)  dalam menunjang keberhasilan Komunitas ASEAN 2015 ?

  • Apa yang kamu ketahui tentang komunitas ASEAN 2015?
Sebelum menginjak kepada poin poin lain , saya disini wajib untuk mengenalkan pada sahabat blogger sekalian tentang komunitas ASEAN 2015. Karena ada pribahasa dalam bahasa Indonesia yang mengatakan bahwa, “tak kenal maka tak sayang”
Pasti akan timbul pertanyaan pada benak sahabat blogger sekalian, “apa sih komunitas ASEAN 2015 itu?”
Komunitas ASEAN 2015 adalah Suatu perkumpulan (komunitas) yang beranggotakan Negara-negara ASEAN itu sendiri dan akan didirikan pada tahun 2015.
Sudah cukup kah penjelasan tersebut? Tidak.  Kita harus mengetahui apa fungsi dan tujuan didirikannya komunitas ASEAN tersebut. Mana mungkin komunitas besar seperti ini didirikan tanpa ada fungsi dan tujuan bukan? Fungsi dan tujuan didirikannya komunitas ASEAN 2015 tersebut adalah untuk menciptakan mekanisme baru dalam pengaturan keamanan kawasan pasca perang dingin secara internal agar keseimbangan dalam kerjasama ASEAN (ekonomi,keamanan,dll) di masa depan agar dapat terus terjaga juga bertekad untuk melakukan usaha-usaha awal yang perlu untuk memperoleh pengakuan dan penghormatan bagi Asia Tenggara sebagai zona damai, bebas, netral dari setiap macam bentuk dan campur tangan dari luar.

  • Apa harapan mu kepada komunitas ASEAN 2015 ?
Harapan saya sebagai siswi Sekolah Menengah Atas di Indonesia, sekaligus anggota daripada ASEAN itu sendiri, memiliki suatu keinginan untuk mencapai tertib regional dalam menciptakan hubungan –hubungan yang positif, stabildan damai, tidak hanya antara negara-negara anggota ASEAN, tetapi juga antara negara-negara anggota ASEAN dengan negara-negara Indocina. Lingkunngan yang stabil akan menetralisir dari tekanan negara-negara besar, dan jika terdapat masalah dalam anggota ASEAN itu sendiri , jangan dulu ada campur tangan dari negara-negara non ASEAN. Usahakan , selesaikanlah terlebih dahulu masalah tersebut didalam , saya tekankan sekali lagi, jangan dulu ada campur tangan Negara non ASEAN selama anggota – anggota ASEAN masih bisa menyelesaikannya. Pasti BISA!
Namun dengan adanya komunitas ASEAN ini, diharapkan kita juga tak boleh memisahkan diri dari Negara lain non ASEAN, kita harus tetap menjaga hubungan baik dengan Negara lain non ASEAN tersebut, jika mereka memerlukan bantuan, bantulah mereka, sehingga akan menciptakan hubungan yang harmonis dan terwujudnya perdamaian dunia abadi.
Lalu saya juga mengharapkan supaya Negara Negara ASEAN dapat dikenal oleh Negara non ASEAN tentunya, dan tidak lupa, dikenal dari kebaikannya, bukan karena keburukannya seperti karena anggota ASEAN merupakan Negara-negara yang krisis ekonomi, tak pandai mengolah sumber daya, dan lain – lain. (misalnya, ya, jangan sampailah!).
Ada banyak cara untuk mempromosikan anggota- anggota ASEAN sehingga terkenal di Negara- Negara lain. Seperti dengan mempromosikan warisan budaya ASEAN sebagai ekspresi kreatif dari semangat ASEAN dan sebagai dasar untuk menciptakan ikatan atas identitas regional ASEAN karena warisan budaya tersebut berasal dari ikatan yang sama dari sejarah dan dari aspirasi yang sama-sama dimiliki atas kedamaian dan kesejahteraan.
Saya juga berharap, Negara anggota ASEAN menjadi Negara yang maju ,jadi mulailah dari sekarang untuk menjadi Negara maju, saya tahu semuanya perlu proses, dan tak bisa dipungkiri, Negara berkembang untuk menjadi Negara maju itu memakan proses yang lama (waktu yang lama) jadi mulailah sekarang! Kita bisa! ASEAN yang semakin dalam dan semakin luas harus diiringi dengan kerjasama teknis dan  pembangunan untuk mengatasi kesenjangan pembangunan antara Negara-negara anggota sehingga manfaat dari integrasi ASEAN dapat dinikmati bersama yang akan memungkinkan Negara anggota ASEAN untuk maju ke depan secara bersama dan erat. Dengan mengambil keuntungan dari integrasi ekonomi dengan menciptakan lebih banyak sarana pendidikan dasar dan tinggi, pelatihan, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, penyediaan lapangan kerja dan perlindungan sosial.
Saya juga berharap komunitas ASEAN dapat membangun ASEAN yang damai, aman dan makmur, memperkuat hubungan ekonomi dan memperdalam kerjasama social budaya dengan Asia Timur dan di luarnya.
Lalu, dapat mengurangi disparitas social ekonomi dan mengurangi kemiskinan  dan dengan begitu melangkah maju secara bersama dan erat untuk memakmurkan ASEAN.
Tidak lupa juga diharapkan, ASEAN akan memperhatikan kesehatan masyarakan secara lebih serius, termasuk pencegahan dan kontrol wabah penyakit seperti SARS dan HIV/AIDS serta yang terbaru yaitu Avian Influenza. Juga mempromosikan warisan budaya ASEAN dengan cara memelihara talenta dan mempromosikan interaksi sarjana, seniman, penulis dan praktisi media untuk membantu melestarikan budaya kawasan.
Dan yang terakhir adalan ASEAN akan meningkatkan kerjasama yang berhubungan dengan populasi penduduk, pengangguran, degradasi lingkungan dan polusi trans-batas

  • Apa yang kamu ketahui tentang tantangan komunitas ASEAN 2015?
Tantangan terjadi karena adanya harapan, jadi saya dapat mengartikan tantangan disini sebagai langkah kita demi mencapai harapan tersebut diatas. Jadi saya mengambil kesimpulan, harapan tersebutlah yang menjadi tantangan kita, kita harus dapat menyelesaikan tantangan tersebut demi terciptanya harapan tersebut, sehingga tak disebut lagi sebagai “harapan” tapi “telah terlaksana”
tantangan-tantangan yang besar bagi indonesia dan ASEAN.adalah Upaya menciptakan stabilitas dan keamanan di kawasan Asia-Pasikif dan Asia Tenggara merupakan tantangan yang cukup rumit. Untuk itu, diperlukan suatu bentuk pengaturan keamanan yang tepat untuk kawasan ini. Tantangan tersebut semakin besar, karena dengan bertambahnya negara-negara anggota ASEAN menjadi 10 negara. Oleh sebab itu, Indonesia bersama ASEAN harus dapat berinisiatif untuk membahas masalah keamanan regional adar terhindar dari campur tangan negara-negara diluar anggota ASEAN. Pengaturan keamanan yang ingin dicapai oleh negara-negara anggota ASEAN dapat dicapai melaui kerjasama politik.secara tidak resma kerjasama politik tersebut telah dimulai oleh negara-negara anggota ASEAN dalam usaha-usaha mengatasi persoalan-persoalan yang timbul diantara mereka, kerjasama ini terus berkembang diantara negara-negara anggota ASEAN dalam pertemuan-pertemuan khusus Menteri-Menteri Luar Negeri ASEAN yang diadakan satu tahun sekali.

Harus dapat bekerjasama secara lebih efektif dalam memanfaatkan pertanian dan industri, perluasan perdagangan, termasuk dalam menghadapi masalah-masalah perdagangan komoditi internasional, peningkatan sarana transportasi dan komunikasi, serta peningkatan taraf hidup masyarakat. Kerjasama ekonomi ASEAN meliputi peningkatan perdagangan dan pembangunan industri, investasi promosi wisata, transportasi dan komunikasi, keuangan dan perbankan, komoditi, pertanian, pengembangan lembah sungai Mekong, kehutanan, energi, dan mineral.

Serta  lingkungan ekonomi global dan regional telah berubah dan terus menerus mendapat tantangan dari pembangunan baru yang memiliki pengaruh terhadap perdagangan dan arus investasi dan daya saing ekonomis ASEAN dan bahwa ASEAN saat ini harus bkerja dalam konteks strategi yang baru.

Pada harapan diatas saya menuliskan bahwa kita harus dapat menyelesaikan masalah internal (dalam) terlebih dahulu, hal tersebut merupakan tantangan bagi kita semua. Dalam penyelesaian masalahnya yang cenderung memakan waktu lama dan tidak efektif. Prinsip-prinsip itu perlu di reinterpretasi secara lebih fleksibel dalam dunia yang semakin interdependen. Belum lagi adanya kesepakatan terhadap Human Security sebagai sebuah ancaman bersama yang memerlukan komitmen kuat terhadap Demokrasi dan Hak Asasi Manusia. Oleh karena itu,   pembentukan Badan HAM ASEAN (ASEAN Human Right Body) sebagaimana yang nanti diamanantkan di dalam ASEAN Charter (Piagam ASEAN) menjadi signifikan dalam upaya Negara-negara Asia Tenggara untuk mewujudkan Komunitas ASEAN 2015.

  • Bagaimana peran ASEAN BLOGGER community dalam menunjang keberhasilan KOMUNITAS ASEAN 2015?
Yap, saya kurang mengerti pengertian dari “ ASEAN BLOGGER community” itu sendiri, apakah saya yang memiliki blog,berdomisili Indonesia dan menjadi anggota daripada ASEAN termasuk anggota dari ASEAN BLOGGER community tersebut?
Namun, lupakan itu, entah kita ASEAN BLOGGER community atau bukan, sebagai BLOGGER INDONESIA saya harap kita bersatu.
Sebagai blogger, kita termasuk kedalam salah satu media massa, sumber informasi masyarakat. Saya harap kepada semuanya kita dapat memperkenalkan pendirian daripada KOMUNITAS ASEAN 2015 ini kepada masyarakat Indonesia dengan cara memposting artikel tentang KOMUNITAS ASEAN 2015  seperti saya ini. Karena saya yakin, masyarakat di Indonesia, PASTI tak semuanya tahu mengenai rencana dari pembentukan KOMUNITAS ASEAN 2015, padahal hal ini telah di rencanakan dari sejak dulu, jauh – jauh hari. Saya saja tak tahu jika taka da lomba ini, dan ketika saya bertanya kepada teman- teman mengenai KOMUNITAS ASEAN 2015 mereka tidak tahu.
Lalu,kita juga sebagai ASEAN BLOGGER , khususnya INDONESIA BLOGGER, kita harus memiliki rasa nasionalisme tinggi (mencintai tanah air) dan patriotisme tinggi (rela berkorban). Kita harus mencintai Negara Indonesa yang merupakan anggota daripada ASEAN sehingga memudahkan kemajuan bagi Negara kita, Negara Indonesia. (ini tak khusus untuk ASEAN BLOGGER, tetapi pembaca juga harus seperti ini)
Dan yang terakhir kita sebagai bangsa ASEAN hendaknya membantu komunitas ASEAN 2015 karena, dapat dibaca sendiri di atas, komunitas ini memiliki tujuan yang baik dan sangat berguna bagi majunya Negara Indonesia.

Penulis : 1st. Feb. 1996. girl! ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel menyambut KOMUNITAS ASEAN 2015 ini dipublish oleh 1st. Feb. 1996. girl! pada hari Kamis, 08 September 2011. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 4 komentar: di postingan menyambut KOMUNITAS ASEAN 2015
 

4 comments:

  1. wah, gimana bisa jadi anggota ASEAN 2015?
    sukses yaaahh!
    semoga bisa bawa nama negara dgn baik.
    :D

    BalasHapus
  2. ya. Aamiin!! thanks doanya ;) Aamiin.

    BalasHapus
  3. ijin nyimak ya gan :)
    salam kenal dari kami outbond di malang :)
    jangan lupa kunjungi kami di website kami : http://www.nolimitadventure.com/

    BalasHapus

INDONESIA! OUR BELOVED COUNTRY!

link sobat sobat

Agung X-Zeg Indraguna's World Photobucket